Inspirasi Kehidupanku (Bagian 1)

Sabtu, 19 September 2009

Inspirasi adalah perihal motivasi diri yang kita dapatkan dari diri orang lain – biasanya berupa hal positif – yang mampu mendorong kita untuk melakukan sesuatu guna mengubah hidup ke arah yang lebih baik. Dalam kehidupan nyata, sosok inspirator memiliki pengaruh kuat bagi seseorang. Tak sedikit orang menjadi korban karena ‘selalu’ mengikuti jejak sang inspirator termasuk ke hal-hal negatif yang tak sepatutnya ditiru. Sosok inspirator biasanya diidentikan pada diri tokoh idola atau public figure). Tapi, bisa juga mengarah pada orang-orang di sekitar kehidupan yang memiliki kharisma karena dalam diri orang tersebut tertanam hal positif yang patut diteladani.

Kehadiran sang inspirator dalam kehidupan, bagiku merupakan hal penting. Namun, duduk kepentingannya tidak menjadi sesuatu yang harus diprioritaskan. Mungkin ini yang membedakan aku dari seorang penganut fanatikisme. Kenapa penting? Karena sadar atau tidak kehadiran mereka berpengaruh dalam kehidupanku. Hal-hal positif dari mereka sedikit banyak menggugahku untuk maju menjadi individu yang lebih baik. Hal-hal positif itu pasti aku ambil dan jika sesuai dengan keadaan, akan coba diterapkan dalam hidup. Jika tidak atau belum sesuai dengan keadaan, aku menyimpannya dalam hati dan pikiran sebagai suatu pelajaran dari pengalaman tidak langsung. Karena untuk maju kita tidak hanya bisa belajar dari pengalaman pribadi saja, tapi juga harus bisa belajar dari pengalaman orang lain.

Orang pasti memiliki indikator yang berbeda dalam menentukan sosok inspirator bagi dirinya. Mungkin karena sikap, watak, penampilan, hati, dan lain-lain. Begitu juga dengan aku. Bagaimana dengan Anda? Hmmm untuk pastinya ada beberapa orang yang jelas menjadi inspirator dalam kehidupanku. Ingin tahu siapa saja mereka, tunggu pada postingan selanjutnya ya...

0 komentar:

Posting Komentar